Senin, 30 Juni 2014

Nature & Nurture

Akhirnya merasakan tarawih di Masjid Nurul Huda untuk pertama kalinya dalam tiga tahun. Rasanya lega juga melengkapi checklist sebagai salah satu 'warga' kampus yaitu tarawih di masjidnya kampus. Malam ini kultum tarawih diisi oleh Pak rektor, Prof. Dr. Ravik Karsidi. Temanya sederhana, tentang nature & nurture. Bahkan mungkin kita sudah sering dengar tentang tema ini, sampai dibikin versi quotes di tumblr, kemudian jadi quotes di display picture (dp) bbm, hingga pesan berantai di grup whatsapp. Kurang lebihnya sih kalo di dp bbm "You become like the 5 people you spend the most time with. Choose carefully".



Oke, tadi belum dijelaskan apa itu nature, apa itu nurture

Dalam diri kita, ada dua komponen yang menentukan akan bagaimana kita nantinya, bagaimana ketaqwa-an dan iman kita dalam konteks beragama. Dua komponen itu adalah nature (bawaan) & nurture (lingkungan). Sebagian dari kita mungkin terlahir (bersifat genetik) dengan nature (bawaan) yang baik dan memang sudah tumbuh dari keluarga yang baik, atau sebaliknya, lahir dan tumbuh dari keluarga yang kurang baik.  Namun hal itu bukan menjadi halangan untuk memiliki ketaqwa-an yang sama dengan orang-orang mukmin. 

Kita bisa mulai hidup dan memilih hidup pada nurture (lingkungan) yang baik. Hidup kita selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan. Pilihlah lingkungan kita dengan hati-hati, pilihlah dengan seksama. Karena lingkungan yang kemudian akan membentuk diri kita juga, jika kita mau, mau untuk menaikkan tingkat keimanan dan ketaqwa-an kita. Mulai memiliih hidup (baca: ngekos) dengan lingkungan yang baik dan berada pada majelis yang selalu mengingat Allah SWT (baca: Masjid Nurul Huda/JN UKMI) *promosi*.

Jangan kemudian menyalahkan takdir ketika kita lahir dari keluarga yang menurut kita kurang baik, tidak sempurna. Allah selalu adil dalam memberikan bagian-bagian pada hamba-Nya. Mungkin Allah telah menunjuk kita untuk menjadi agent of change dalam keluarga kita sendiri. Memperbaiki keimanan keluarga kita dan bersama-sama membawa keluarga kita ke surga-Nya.

Jadi, siap untuk memiliki taqwa dan iman yang terbaik? Pilihlah nurture yang terbaik :)
Ramadhan kareeem!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar